Rangkaian Pengusir Nyamuk Sederhana

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nyamuk. Serangga kecil ini sering membuat kita kesal karena bekas gigitannya membuat kulit... thumbnail 1 summary
Pengusir Nyamuk



Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nyamuk. Serangga kecil ini sering membuat kita kesal karena bekas gigitannya membuat kulit terasa gatal-gatal, selain itu nyamuk juga membawa patogen yang membahayakan manusia.
Orang-orang terbiasa mengusir nyamuk dengan dengan benda yang justru membahayakan bagi kesehatan, seperti obat nyamuk bakar atau obat nyamuk semprot. Obat-obat nyamuk tersebut menggunakan bahan kimia jika digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan membahayakan kesehatan tubuh.
Menggunakan rangkaian pengusir nyamuk sederhana ini tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan manusia. Mudah di buat sendiri dan ekonomis.

Metode yang aman
Alat ini mengusir nyamuk menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang tidak disukai nyamuk, dimana frekuensi ini tidak membahayakan untuk kesehatan manusia. Para ilmuan telah meneliti bahwa nyamuk akan tergaggu terbangnya oleh frekuensi suara yang tinggi. Sehingga jika frekuensi suara ini dipancarkan, nyamuk tidak akan berani mendekat.

Cara kerja rangkaian
Gambar skema rangkaian pengusir nyamuk sederhana diatas menggunakan dua transistor (Q1 dan Q2) dirangkai menjadi osilator (penggetar) multivibrator bistabil yang menghasilkan frekuensi suara. Suara dari rangkaian ini ditentukan oleh dua resistor (R2, R3) dan dua kapasitor (C1, C2) yang terhubung ke basis transistor. Frekuensi suara keluar dari kaki kolektor transistor Q2- diteruskan ke speaker piezoelektrik untuk memancarkan gelombang suara ke udara dlama radius 5 meter.
Jika kita menggunakan pengusir nyamuk ini di luar ruangan dan nyamukknya banyak, maka alat ini diletakkan sekitar satu meter dari kita.

Pembuatan
Rangkaian pengusir nyamuk ini mudah dibuat karena hanya menggunakan sedikit komponen yang banyak dijual di pasaran (toko-toko elektronik). Rangkaian ini juga sangat sederhana, bisa menggunakan pcb lubang ato pcb polos yang kecil kemudian digambar menggunakan spidol.

Pengujian dan penggunaan
Pertama, hubungkan rangkaian pengusir nyamuk dengan sumber tegangan. Rangkiaan ini cukup menggunakan tegangan 1,5 volt dari baterai biasa. Pencet/posisikan saklar S1 dalam kndisi on, jika speaker piezo mengeluarkan suara kecil berarti rangkaian alat ini benar.
Kedua, nyalakan dan letakkan alat ini ditempat yang banyak nyamuknya selama kurang lebih 30 menit. Jika nyamuk-nyamuk ditempat tersebut berkurang berarti alat yang dibuat ini dapat berfungsi dengan baik.
Akan tetapi jika nyamukknya tidak berkurang, berarti frekuensi suara yang dihasilkan belum sesuai yang diinginkan. Frekuensi suara bisa diubah dengan mengganti nilai kapasitor C2 dari 0,002 mikrofarad menjadi 0,0022 mikrofarad atau menjadi 0,0015 mikrofarad. Kalau sudah diganti, lakukanpetesan lagi.




Daftar komponen
Komponen
Nama Komponen
Keterangan
R1, R4
Resistor
1,5 Kohm
¼ watt
R2,R3
Resistor
100 Kohm
¼ watt
C1
Kapasitor Poliester
560pF
50v
C2
Kapasitor Poliester
0,002 uF atau 2nF
50v
Q1, Q2
Transistor NPN
2SC9013

P1
Speaker Piezo
35mm

S1
Saklar ON-OFF


Bat
Baterai
1,5v

PCB



Kabel




Berikut layout rangkaian Pengusir nyamuk sederhana



Download Printout Layout Rangkaian



Download Layout All Layer disini
Download Layout Solder Layer disini
Download Layout Komponen Layer disini

2 comments